Klub Lansia – Kiat Agar Warga Lanjut Usia Tetap Aktif dan Produktif

Klub Lansia – Kiat Agar Warga Lanjut Usia Tetap Aktif dan Produktif

Beberapa tahun terakhir telah timbul sarana dan perkumpulan klub lansia sebagai sentra kegiatan warga senior. Pemikiran oleh sebagian masyarakat bahwa warga senior sudah tidak produktif telah mulai berubah. Meskipun wawasan kegiatan sehari-harinya tidak seluas sebelumnya, seorang senior memiliki pengalaman dan kebijaksanaan yang berharga bagi lingkungannya. Selain itu warga senior juga bisa berperan dengan memanfaatkan pengalaman yang pernah ia miliki. Untuk itu, pola pikir dari warga senior perlu dijaga agar dapat tetap aktif dan produktif.

Manfaat Klub Lansia

Klub lansia menyediakan wadah agar warga senior memiliki kesempatan untuk tetap aktif dan produktif, seperti:

  • Melakukan kegiatan yang merangsang fungsi otak
  • Berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-teman
  • Bimbingan pedoman pola hidup yang sehat
  • Menghindari stres dalam aktivitas yang menyenangkan
  • Melatih kondisi fisik dengan olah raga dan kgiatan motorik yang sesuai

Beberapa kegiatan untuk melatih fungsi otak secara optimal baik dilakukan untuk mengurangi faktor resiko terkait demensia dan Alzheimer. Contohnya, kegiatan seperti mengisi Teka Teki Silang, bermain catur, mempelajari sesuatu yang baru, ataupun membuat kerajinan tangan.

Aktivitas dan kesibukan rutin lainnya akan menumbuhkan semangat untuk terus hidup sehat, bahagia, mandiri, bermanfaat, dan berkualitas. Dengan sering berkumpul, bersenda gurau, dan bercanda bersama teman-teman sebaya, para senior akan merasa sehat, awet muda, dan bersemangat. Di klub lansia para senior ini dapat melakukan hal-hal positif, bertukar cerita untuk selalu merangsang otak untuk selalu mengingat dan berfikir.

Partisipasi di klub lansia dapat membuat warga senior tetap aktif karena mendapatkan kesempatan untuk melakukan ragam kegiatan seperti senam bersama, bermain games, menikmati musik, memasak, membuat seni karya, kerajinan tangan, dan lainnya. Dan tentu saja hal ini dapat mengurangi tingkat kejenuhan dari senior karena banyaknya hal yang bisa mereka lakukan.

RUKUN Senior Living di Sentul menyajikan klub lansia di mana para senior dapat berkumpul dan berkegiatan bersama. Warga senior yang tinggal di area Sentul-Bogor dan sekitarnya dapat bergabung dalam RUKUN Senior Club tanpa harus menetap di RUKUN Senior Living. Hari-hari yang menyenangkan diisi dengan keceriaan dalam kegiatan seperti kelas memasak, permainan games, kerajinan tangan, karaoke, dansa, forum pembelajaran, olah raga, field trip, dan banyak lainnya. Member Senior Club juga mendapatkan pemantauan umum kesejahteraan jasmani secara rutin dan dapat menikmati fasilitas Resort yang tersedia.

RUKUN Senior Living
Email: info@rukunseniorliving.com
Phone: 021 8795 1525
facebook@RUKUNSeniorLiving

Klub Lansia – Kiat Agar Warga Lanjut Usia Tetap Aktif dan Produktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top